Trus Karya Tataning Bumi

Translate

Senin, 27 Juni 2016

Ciremai Via Palutungan

Malam Menjelang sore Broo.. kali gua mau cerita trip saye yang ke gunung ciremai via Palutungan. Sebelum gua masuk cerita. Gua kasih lu lu pade jalur-jalur yang ada di ciremai. Yang pertama baca quran dan maknanya. Behabeha.. wis wis serius lah.. yang pertama jalur Linggarjari (Seru bonus dikit bahkan kagag ada), jalur Linggasana (beda tipis dengan Linggarjati), jalur Palutungan (Santai karna landai sampai kita gag nyampai-nyampai), dan jalur Apuy (jalur paling cepat untuk sampai, maklum trek terpendek).
Waktu sebelum naik kira-kira abis maghrib. Hujan deras dan lebat dan plus-plus petir dan akhirnya keputusan buat trip ditunda. Tapi ujug-ujug bar isya cuaca terang walau keliatannya masih mendung-mendung gitu. Dan akhirnya saya konsultasikan pada rangernya. Dan akhirnya tepat jam 8 tim saya boleh naik. Eh ternyata daerah sono emang tadah hujan dan petir, jadi lu lu semua gag usah khawatir kalo pas kesana hujan.. wekawekawekaka..
Dari basecamp ke Pos 1 (Cigowong) perjalanan dari dan 20.00 sampai 22.00. disitu treknya sangat landai semampai brooo tapi gag nyampe-nyampe. Maklumin aja. Juahuhhh tapi kita diliatkan pemandangan yang menawan, yaitu banyak mata-mata yang bersinar di sebelah kiri kita, setelah tak senter ternyata luwak-luwak pada liatin kita, serasa kita artis dikarpet merah. hahaha. Oh ya fokus lagi eh. Dan disarankan sebelum berangkat jangan bawa air banyak-banyak bro. Cukup satu botol aqua 1,5 liter aja. Biar kagag berat keless. Oh ya Cigowong sumber mata airnya seger bendegarrr. Ada toilet juga. Pokoknya SPBU kalah pokonya.
Lanjut ke Pos 1 (Cigowong) ke Pos 2 (Kuta). Disini kita langsung aja berangkat karna sebelum Cigowong udah istrisuami, eh istrirahat ding. Perjalanan waktu itu 22.00 sampai 22.28. kita disuguhkan suara hewan sebangsa jangkrik mbuh opo jenenge kita bli weruh. Trek masih tetep sama landai tapi ya landai dig. Dan kita akhirnya istrirahat dan lakukan ritual dulu. Yapppp rokoknya mengoda iman dan taqwa eh.. hahaa
Lanjut lagi ke Pos 2 (Kuta) ke Pos 3 (Panguyahan Badak). Jalan lagi 22.47 sampai 23.48. trek masih tetep tapi ada naik-naiknya dikit pokoknya masih sante lah. Waktu itu sunyi yiii sep nyeyep. Pengen naik lagi api apa daya salahsatu temen gua kakinya kram dadakan dan gag selesei kramnya. Dan disitu kita merasa sedih. Maklum cari tempat buat camp dan untuk beristrirahat. Walau dapet tempat camp di atas dari lokasi temen kram. Ya tetep aja. Dia harus digendong.. yang gendong selamet ya fikri. Haha
Lanjut lagi ke Pos 3 (Panguyahan Badak) ke Pos 4 (Arban). Setelah kemas-kemas kita lakukan pemanasan dulu biar gag oleng lagi. Lalu jalan pada 03.32 sampai 04.18. Jalannya udah ada naik-naiknya gitu tapi bonusnya masih banyak. Suasana masih gelap jadi ya pemandangannya sama aja..
Sampai arban kita lansung cuss ke Pos 5 atau (Tanjakan Asoy). Sampai 04.43. disini jalan seperti sebelumnya. Masih enyakkkk. Dari Tanjakan Asoy kita langsung cuss ke Pos 6 (Pasagrahan). Disini kita sangat disambut hangat burung Jalak Ciremai. Serasa pahlawan dari Cirebon. Hahaha kita istirahat untuk berbuka puasa dlu. Eh buat sarapan dulu di Pasagrahan pada jam 05.25. seperti biasa, gua kalo naik ke ceremai selalu menabung lho... hahahha pissss brooooo
Kita jalan lagi dari Pos 6 (Pasagrahan) ke Pos 7 (Sanghyang Ropoh). Jalan 07.18 sampai 08.00 jalan mulai naik-naik gitu bro.. tapi cukup lumayanlah pemandangannya pokoknya udah dapatlah.
Pos 7 (Sanghyang Ropoh) ke Pos 8 (Gua Walet) kita jalan dari jam 08.00 sampai 09.10 jalan mulai menanjak view-viewnya pokoknya dapet banget tapi sayang seribu sayang. Kamera kita ketinggalan di Basecamp. Jadi rasanya kayak gmana gtu. Udahlah lagian mau nyampe ngapain sedih ya brooo.. hehe..
Pos 8 (Gua Walet ke Puncak) dari jam 09.25 sampai 09.45. dan yapppppp baru sampai atas belum ada 20 menitan kabut dan air pun datang dan badai pun juga baru muncul. Kita langsung turun karena badai itu.. nasib bro..

Langsung saja gua rinci estimasi waktu jika lu mau bro....
Basecamp ke Pos 1 (Cigowong)  20.00 sampai 22.00 (2 jam)
Pos 1 (Cigowong) ke Pos 2 (Kuta). 22.00 sampai 22.28 (28 menit)
Pos 3 (Panguyahan Badak) ke Pos 4 (Arban) 03.32 sampai 04.18 (46 menit)
Pos 4 (Arban) ke Pos 5 (Tanjakan Asoy). 04.18 Sampai 04.43 (25 menit)
Pos 5  (Tanjakan Asoy) ke Pos 6 (Pasagrahan) 04.43 sampai 05.25 (42 menit)
Pos 6 (Pasagrahan) ke Pos 7 (Sanghyang Ropoh). 07.18 sampai 08.00 (42 menit)
Pos 7 (Sanghyang Ropoh) ke Pos 8 (Gua Walet) 08.00 sampai 09.10 (1 jam 10 menit)
Pos 8 (Gua Walet ke Puncak) 09.25 sampai 09.45 (20 menit)
Total naik 5 jam 51 menit
Turun 2 jam 30 menit.

Jadi total keseluruhan jika “Tidak Ngecamp” 8 jam 21 Menit.

Oh ya nih ada rute kalo mau ke gunung Ciremai dari berbagai kota. Tapi sebelumnya nih Simaksi masuknya 50.000 mas mbak sekalian sedoyo.. behabeha
Jalur Linggarjati (Dapet Snack, Sertifikat, gelang, teh)
Jalur Linggasana (Makan 2 Kali, Sertifikat, 2 Teh)
Jalur Palutungan (Makan 1 Kali)
Jalur Apuy (Oleh-oleh Slayer segitiga, setiker, dan Pin)
Nb: ini bisa berubah ubah yee tergantung situasi dan kondosi kayaknyeee.. heee
Jalur Linggarjati (dari Semua arah berbagai kota, Terminal Cirebon - Naik elp arah Kunigan minta turun di pertigaan Linggar Jati – naik ojek minta ke Base Camp Linggarjati)
Jalur Linggasana (dari Semua arah berbagai kota, Terminal Cirebon - Naik elp arah Kunigan minta turun di pertigaan Linggar Jati – naik ojek minta ke Base Camp Linggasana)
Jalur Palutungan (dari Semua arah berbagai kota, Terminal Cirebon - Naik elp arah Kunigan minta turun di pertigaan cigugur – naik ojek minta ke Base Camp Palutungan)
Jalur Apuy (dari Semua arah berbagai kota, Terminal Cirebon - Naik elp atau bus ke perempatan Kadipaten– terminal Maja- Ojek atau carter colt ke Base Camp Apuy).